Sahabat Operator Dapodik di semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2017/2018 yang berbahagia... Saat ini (04 Agustus 2017) installer aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 sudah dirilis resmi oleh Ditjen Dikdasmen. Adapun penggunaan manual aplikasi Dapodik V.2018 dapat langsung diunduh pada aplikasi setelah berhasil diinstall pada komputer PC maupun Laptop rekan-rekan Operator Sekolah.
Sebagaimana pengumuman resmi yang disampaikan kepada Yth. Bapak/Ibu Kepala Dinas Provinsi Kepala Dinas Kabupaten/Kota, Kepala LPMP, Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di seluruh Indonesia bahwasannya Tim Dapodikdasmen telah menyelesaikan proses pengujian aplikasi Dapodikdasemen versi baru untuk digunakan pada Tahun Ajaran 2017/2018 sesuai dengan jadwal. Maka pada kesempatan ini telah dirilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 (Versi Aplikasi Dapodikdasmen adalah 2018, sekaligus mengoreksi pengumuman sebelumnya yang menyebutkan versi 2017 D).
Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 telah menggunakan database versi baru, maka secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2017, 2017a, 2017b, 2017c) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2018, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER). Untuk struktur kurikulum SMK 2013 masih akan dilakukan pembaharuan.
Adapun terdapat beberapa daftar perubahan (pembaruan dan perbaikan) aplikasi Dapodik versi 2018 di antaranya sebagai berikut:
1. [Pembaruan] Penambahan menu Jadwal pembelajaran.
2. [Pembaruan] Penambahan kolom anak ke-berapa pada Peserta Didik.
3. [Pembaruan] Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana jenis Ruang Kelas/Teori.
4. [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan prasarana.
5. [Pembaruan] Penambahan tombol pada blockgrant untuk pemetaan dengan sarana.
6. [Pembaruan] Penambahan tombol pada prasarana untuk pemetaan dengan blockgrant.
7. [Pembaruan] Penambahan tombol pada sarana untuk pemetaan dengan blockgrant.
8. [Pembaruan] Penambahan sheet baru untuk rekap jadwal pada unduhan profil sekolah.
9. [Pembaruan] Penambahan referensi Pengurus Komite Sekolah pada jenis satuan tugas di Kepanitiaan Sekolah.
10. [Pembaruan] Penambahan referensi Kepala Sekolah menjadi tugas utama.
11. [Pembaruan] Penambahan referensi UKG untuk data rincian Nilai/Test pada PTK.
12. [Pembaruan] Penambahan referensi jenis rombel Ekstrakurikuler pada menu Rombongan Belajar .
13. [Pembaruan] Penambahan tabulasi rincian Ekstrakurikuler pada menu Sekolah.
14. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada menu Peserta Didik, jika yatim dan atau piatu maka baris data akan berwarna.
15. [Pembaruan] Perubahan tampilan pada halaman registrasi dan login.
16. [Pembaruan] Pemisahan menu antara rombongan belajar reguler dan ekstrakurikuler.
17. [Pembaruan] Penambahan pemicu untuk mengaktifkan kolom nama peserta didik pada saat terdeteksi nama tidak wajar ketika melakukan validasi.
18. [Pembaruan] Penambahan validasi jika terdeteksi guru yang mengajar ganda pada jadwal.
19. [Pembaruan] Penambahan validasi ketika masih ada pembelajaran yang belum dipetakan ke dalam jadwal.
20. [Pembaruan] Penambahan validasi panjang dan lebar pada prasarana.
21. [Pembaruan] Penambahan validasi untuk jumlah sarana.
22. [Pembaruan] Penambahan validasi peserta didik yang belum mempunyai NISN.
23. [Pembaruan] Penambahan dan perbaikan panduan, peraturan dan formulir pada Pusat Unduhan.
24. [Pembaruan] Perubahan deskripsi waktu penyelenggaraan sekolah.
25. [Pembaruan] Pengisian data pada no rekening bagi peserta didik pemegang KIP oleh pusat.
26. [Pembaruan] Pengisian data validasi yang ditemukan di pusat.
27. [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika akan sinkronisasi.
28. [Perbaikan] Perbaikan tanda baca ,(koma) dapat menjadi kata pada nama Peserta Didik dan GTK.
29. [Perbaikan] Perbaikan urutan label Jenis PTK pada form PTK.
Download / unduh surat edaran Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 silahkan klik di sini. Dan untuk download panduan manual penggunaan aplikasi Dapodikdasmen versi 2018 silahkan klik pada tautan berikut. Selanjutnya, untuk mengunduh / download installer aplikasi Dapodik V.2018 pada tautan di bawah ini:
1. Link Utama download installer aplikasi Dapodik V. 2018
2. Link Alternatif unduh installer aplikasi Dapodik V. 2018:
· Link alternatif via Uploaded
· Link alternatif via FileFactory
· Link alternatif via SendSpace
· Link alternatif via Share-Online
· Link alternatif via RapidGator
· Link alternatif via SendMyWay
· Link alternatif via Load.
Demikian informasi mengenai link download / unduh aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 semester 1 (ganjil) tahun pelajaran 2017/2018 yang saya share dari situs resmi http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data...!
Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar