Minggu, 16 Oktober 2022

Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Dilengkapi Kunci Jawaban #3

Kali satu ini admin akan memberikan contoh masalah bahasa Indonesia Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur tingkat sekolah menengah pertama (SMP/MTs) ditambahkan dengan kunci jawaban. Mudah-mudahan beberapa soal kali satu ini bisa menolong anak terutama yang banyak di Kutai Timur dalam cari rekomendasi beberapa soal USBN terakhir. Selamat belajar serta mudah-mudahan sukses.

1. Periksa text berikut!
Kalkulus gigi sebagai karies yang mengeras di gigi. Apabila gigi Anda alami kalkulus gigi, baiknya tak perlu kuatir. Karena banyak langkah murah dan mudah untuk menanggulanginya. Berikut triknya:
Sajikan satu atau dua kulit jeruk yang telah dibuat bersih.
Saat sebelum tidur, gosokkan di gigi langsung sampai rata.
Biarkan satu malam tanpa dibuat bersih.
Seusai bangun tidur membersihkan dengan secara menggosok gigi atau berkumur.
Melakukan tiap-tiap hari saat Anda tidur untuk hasil yang optimal.
Posisi yang pas biar beberapa kalimat itu tersusun solid yaitu....
A. 2-3-1-5-6-4-7
B. 2-6-4-3-7-1-5
C. 6-7-1-5-2-3-4
D. 6-4-2-1-3-5-7

Kali satu ini admin akan memberikan contoh masalah bahasa Indonesia Kabupaten Kutai Timur Contoh Masalah USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Ditambahkan Kunci Jawaban #3
www.IndoINT.com

2. Lihat kalimat berikut!
Kontaminasi mikroplastik di air laut datang dari plastik sekali saja pakai, plastik dari jala nelayan atau kemeja.

Jenis kata bercetak miring di kalimat itu yaitu....
A. pengurangan
B. percampuran
C. pengeruhan
D. pencemaran

3. Baca cuplikan text berikut!
Pak Ranto orang pekerja bangun. Dia terus berusaha keras untuk memenuhi kepentingan keluarga. Tiap-tiap hari, dia harus basah kuyup oleh tetes keringatnya sendiri. Dalam hati dia berucap, "tak tak cuma berikut ini yang bisa kulakukan." Keinginannya cuman mau memperoleh rejeki yang bejibun. "Berikut ini yang bakal disembahkan terhadap keluargaku".

Pernyataan yang sama dengan sikap Pak Ranto dalam gambaran narasi yaitu....
A. memerah keringat
B. peras otak
C. beradu dengkul
D. berkerut kening

4. Baca cuplikan text berikut!
Benar-benar kasihan nasib Pak Arman. Ia disingkirkan dari perusahaannya. Pemicunya yaitu ia didakwa menggelapkan beberapa uang perusahaan. Meski sebenarnya, Pak Arman tak mengerjakannya. Banyak orang yang lain mengerjakannya, namun ia sebagai [...].

Pernyataan yang pas untuk lengkapi text di atas yaitu....
A. panjang tangan
B. kambing hitam
C. anak buah
D. silau mata

5. Periksa cuplikan cerpen berikut!
Ibu terus menghidupkan Kiki serta membawanya ke kamar mandi. Seusai mandi serta makan pagi, Kiki pergi ke sekolah diantarkan ayah, sementara ibu masih di dalam rumah. Benar-benar dalam keluarga satu ini, ayah yaitu kepala keluarga sekalian [...] keluarga. Ayah bekerja cari nafkah untuk penuhi kebutuhan keluarga, sementara ibu menampinginya serta mendidik anak-anaknya secara bagus.

Majas yang pas untuk lengkapi cuplikan narasi itu yaitu....
A. tulang punggung
B. membanting tulang
C. kaki tangan
D. tangan kanan

6. Baca pantun berikut!
Dengan lantai bata telah berlumut,
Bunga berseri punya warna warni.
Bukalah mata buang selimut,
....

Kalimat yang pas untuk lengkapi bait pantun itu yaitu....
A. Dagang berurai air mata
B. Siang malam mabok kepayang
C. Menyambut pagi dengan berani
D. Hati khawatir bergabung kangen

7. Lihat cerpen berikut!
Sejak mulai saya mau stop bernapas, tapi saya ketahui itu tak sedikitpun menolongku, seandainya saja saya dapat. Kadang-kadang pikiran jelek coba merasukiku untuk menenggak beberapa botol wine atau anggur sejenisnya untuk membuatku ternyenyap dari kondisi satu ini sedetik saja, tapi saya sadar itu akan makin menghancurkan hidupku. Saya remuk, langkahku bergerak tanpa arah cari satu tempat di mana saya dapat sendiri serta tak banyak orang yang mengenalku.

Malam itu, saya melalui sebuah perkebunan lebat yang kembali mengingatiku akan diri kamu, entahlah di mana saya, saya tak ketahui. Makin jauh saya mengambil langkah, mungkin makin baik. Sayang, kemana pun saya pergi terasa sakit itu terus temani. Ya, seperti inilah saya, masih persis seperti dahulu, kurus kering, sedikit putih, atau mungkin lebih benarnya pucat. Saya tidak pernah lupa janji yang dahulu kau katakan biarpun saya ketahui kau mustahil membuktikkannya, entahlah mengapa saya masih menyimpan berharap akan kunjunganmu."

Sisi pandang cuplikan cerpen itu yaitu....
A. orang pertama tunggal
B. orang pertama jamak
C. orang ke-3  tunggal
D. orang ke-3  dan tahu

8. Lihat cerpen berikut satu ini!
Momen demikian cepat. Saya pulang waktu 12.00 siang. Lekas kuparkir motor bututku di halaman sekolah. Lantas, saya lekas lari ke arah tempat fotocopy. Wow, begitu kagetnya diriku ketika kusaksikan banyak orang gadis di sana. Kemungkinan ia pekerja anyar pada tempat fotocopy satu ini. Rambutnya yang tergerai panjang terasanya menakjubkan seluruh orang yang memandangnya.

Sisi pandang yang dipakai pengarang dalam belahan cerpen itu yaitu....
A. orang pertama eksekutor penting
B. orang pertama menjadi pemerhati
C. orang pertama serta orang ke-3 
D. orang ke-3  serba tahu

9. Baca cuplikan text fabel berikut!
"Hore!" teriak banyak serangga di saat lihat kodok-kodok itu pergi. Sekalian menari-nari mereka membawa badan Paman Belalang serta melemparkan-lemparnya ke udara. Kakek Cacing ucapkan terima kasih terhadap Paman Belalang yang telah melindungi kampung. Sehabis sejak itu, Paman Belalang tak jadi pemurung kembali. Dia mengetahui dirinya sendiri masih berfungsi walau sudah kehilangan kakinya. Tiap-tiap malam dia lantas masuk dengan banyak serangga yang lain untuk pesta. Paman Belalang terus main gitar serta menyanyi gembira. Banyak serangga amat mencintainya. Seperti itu juga dengan Lodi serta Roro yang saat ini jadi kawan dekat paman. Mereka terus turut berpetualang dengan Paman Belalang dengan perahunya.

Cuplikan text narasi itu tergolong ke susunan text fabel sisi....
A. tujuan
B. kompleksitas
C. resolusi
D. koda

10. Lihat cuplikan fabel berikut!
Di rimba hiduplah dua ekor kancil. Mereka namanya Kanca serta Manggut. Ke-2  ekor kancil itu bersaudara. Manggut yaitu kakak dari Kanca. Kebalikannya, Kanca yaitu adik dari Manggut. Walau mereka bersaudara, namun karakter mereka terlalu tidak serupa. Kanca rajin serta murah hati. sementara itu Manggut pemalas serta senang menjahili kawan-kawannya.

Paragraf di fabel itu tergolong dalam susunan fabel sisi....
A. resolusi
B. koda
C. tujuan
D. kompleksitas

Kunci Jawaban Masalah:
C
D
D
B
A
C
A
B
D
B

Kali ini admin akan membagikan contoh soal bahasa Indonesia Kabupaten Kutai Timur Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMP Kab. Kutai Timur Dilengkapi Kunci Jawaban #3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rumah Makan Padang Berumur 42 Tahun dan Siapakah Yang Gak Mengenal Masakan Padang

RM Padang Berumur 42 Tahun Bukan rumah makan Padang asal-asalan RM Padang Berumur 42 Tahun Bukan rumah makan Padang asal-asalan, RM S...