Selasa, 23 Juli 2019

RPP k13 PAI & BP Kelas XI Semester 1 Revisi 2019

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Ta'ala Wabarakaatuh,
Selamat datang dan selamat berjumpa kembali di blog IndoINT.blogspot.com 
Pada kesempatan kali ini dan Melalui blog IndoINT.blogspot.com saya akan membahas mengenai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada hubungannya dengan administrasi guru yaitu lebih tepatnya mengenai pembuatan perangkat pembelajaran RPP untuk mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada jenjang SMA.

Sebagai seorang guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam tentunya sebelum mangajar harus telah memiliki langkah-langkah pembelajaran yang telah di persiapkan sebelum mengajar yang mana langkah-langkah pembelajaran tersebut biasanya telah di buat dalam sebuah perangkat pembelajaran RPP.



Guru dalam aktivitas mengajarnya terasa belum lengkap apabila belum membuat atau belum memiliki perangkat pembelajaran yaitu berupa silabus, RPP, prota,prosem dan masih banyak yang lainnya.
Meskipun perangkat pembelajaran yang telah saya sebutkan tersebut semuanya sangat penting untuk dimiliki namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang perangkat pembelajaran RPP saja pada postingan ini sebab pada postingan lainnya juga telah saya bahas mengenai perangkat pembelajaran lainnya yang meliputi silabus,prota,prosem,kkm yang dapat di gunakan baik untuk semester 1 maupun semester 2.

Baiklah pada postingan kali ini selain saya membahas mengenai RPP maka saya juga akan membagikan secara gratis RPP kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI Semester 1.
Didalam RPP yang akan saya bagikan pada postingan ini semua materinya telah langkap dan anda dapat menggunakannya untuk pembelajaran di kelas 11 semester 1. Apabila anda juga membutuhkan untuk yang semester 2, maka anda juga dapat memilikinya pada posringan berikutnya melalui blog IndoINT.blogspot.com

Bagi anda yang saat ini mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti kelas 11 SMA di semester 1, maka melalui postingan ini anda dapat memiliki perangkat pembelajaran RPP gratis yang sudah langsung dapat anda gunakan dalam kegiatan pembelajaran dan juga dapat membantu anda dalam melengkapi perangkat pembelajaran di sekolah anda masing-masing.

Di dalam RPP k13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 11 SMA Semester 1 yang akan saya bagikan ini terdiri dari beberapa rpp yang di dalamnya sudah memuat seluruh materi yang ada pada pembelajaran di semester 1.

Pada postingan sebelumnya saya juga telah memposting mengenai Perangkat Pembelajaran gratis kurikulum 2013 lengkap untuk jenjang SD,jenjang SMP dan jenjang SMA untuk semua kelas dan semua mata pelajaran edisi revisi terbaru. 

Jika anda belum sempat mendownload perangkat pembelajaran lengkap untuk jenjang SD, SMP dan SMA maka silahkan kunjungi judul di bawah ini :

DOWNLOAD PERANGKAT SD SEMUA KELAS K13 EDISI REVISI TERBARU


RPP sangat penting bagi seorang guru baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam kegiatan lainnya seperti ketika guru akan di supervisi maka hal penting yang harus di persiapkan adalah perangkat pembelajaran yang salah satunya adalah RPP.

Bagi bapak dan ibu guru yang sedang mengajar mata pelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti khusus jenjang SMA kelas XI di semester 1  dan belum sempat membuat RPP di tahun pelajaran yang baru ini maka bapak dan ibu guru dapat mendownload RPP k13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Revisi terbaru yang akan saya bagikan ini dan dapat di gunakan di semester 1.

Baiklah untuk anda yang membutuhkan perangkat RPP k13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA semester 1 versi terbaru, maka silahkan anda download pada judul RPP yang telah saya sediakan di bawah ini :


RPP K13 PAI & BP KELAS XI SMA SEMESTER 1 

RPP 1

RPP 2

RPP 3

RPP 4

RPP 5

Seluruh file RPP yang telah saya bagikan di atas di sediakan dalam bentuk format word, sehingga anda dapat menggunakannya dengan mudah dan anda juga dapat mengeditnya untuk di sesuaikan dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.

Demikianlah postingan kali ini, Semoga file RPP k13 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA semester 1 revisi terbaru yang telah saya bagikan,dapat bermanfaat buat anda yang sedang mengajar mata pelajaran Pendais & BP di kelas 11 SMA.

Apabila ada hal yang kurang berkenan dari postingan ini saya mohon di maafkan dan apabila ada saran, kritikan ataupun masukkan yang sifatnya positif dan memotivasi maka silahkan anda tinggalkan pesan anda melalui kolom komentar yang tersedia pada postingan ini.
Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik telah diteken Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak pertengahan Mei silam. Namun di kalangan madrasah dan kementerian agama gaungnya baru terasa akhir-akhir ini. Terutama ketika keluar Edaran Ditjen Pendis terkait Pengeloaan Simpatika Semester 1 Tahun 2019/2020.

Di mana, sebagai mana posting sebelumnya, Direktorat GTK Madrasah akan mulai mengimplementasikan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tersebut awal semester ini. Salah satunya adalah dengan melakukan pemetaan ijazah S1/D4 seluruh guru madrasah baik yang bersertifikat maupun belum. Baca: Edaran Pengeloaan Simpatika Semester 1 2019/2020

Di kalangan madrasah berbagai tanggapan muncul. Terutama dari sebagian guru bersertifikat pendidik yang tidak linier dengan ijazah yang dipunyainya. Ada kekhawatiran jika permendikbud ini diberlakukan akan membuat statusnya yang linier menjadi tidak linier sehingga tidak layak mendapatkan tunjangan profesi guru.

 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik telah diteken Menteri Pendidikan  Membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

Padahal, dalam Permendikbud terbaru terkait linieritas ini, banyak aturan baru yang berusaha menjembatani guru-guru yang sementara waktu ini terkendala dengan linieritasnya. Salah satunya adalah adanya kesempatan untuk pindah mengajar ke mata pelajaran (bidang) yang tidak sesuai sertifikasinya dan konversi kode sertifikat pendidik.

1. Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 tahun 2019 sejatinya merupakan perubahan atas peraturan sejenis yang sudah ada sebelumnya. Yakni Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik.

Perubahannya, sebagaimana tertulis dalam pasal dua permendikbud ini, terutama dengan mengganti lampiran permendikbud sebelumnya yang hanya satu lampiran menjadi Lampiran I hingga Lampiran V.

Lampiran I mengatur tentang kesesuaian bidang/mapel yang diampu dengan sertifikat pendidik pada jenjang Taman Kanak-Kanak (TK). Lampiran II untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), Lampiran III untuk jenjang SMP, Lampiran IV untuk jenjang SMA, dan Lampiran V untuk jenjang SMK.

Masing-masing bidang keilmuan (mata pelajaran) dapat diampu oleh berbagai kode dan bidang studi yang beragam. Sebagai contoh, dalam Permendikbud sebelumnya guru kelas SD/MI hanya linier oleh sertifikat pendidik berkode 027, 047, dan 084. Namun dalam Permendikbud No. 16 Tahun 2019 ini linier dengan kode 027, 028, 047, 050, 054, 057, dan 060. Bahkan guru yang memiliki sertifikat 084, 087, 094, 097, 100,114, 117,120, 124, 154, 156, 180, 184, 187, 190, 204, 207, 210, 214, 215, 310, 318, 319, 320, 321, dan 504 dapat pindah dan mengajar sebagai guru kelas di SD.

 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik telah diteken Menteri Pendidikan  Membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas

2. Tidak Harus Linier Antara Sertifikat dan Ijazah


Kekhawatiran guru madrasah yang antara sertifikat pendidik dan ijazah S1/DIV-nya tidak linier, tampaknya terlalu berlebihan. Dalam Permendikbud dan lampirannya ini tidak terdapat aturan yang mengharuskan guru yang telah bersertifikat pendidik harus linier antara bidang studi sertifikatnya dengan program studi ijazah. Asalkan mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan sertifikat pendidik.

Sehingga guru yang sudah bersertifikat pendidik guru kelas MI (kode bidang studi sertifikasi 028) akan tetap linier mengajar sebagai guru kelas meski ijazah S1/DIV yang dimiliki dari prodi Pendidikan Agama Islam, Tadris Matematika, atau lainnya. Pun seumpama telah memiliki sertifikat pendidik Bahasa Indonesia (156 atau 087) meskipun ijazah S1 yang dimiliki dari prodi Pendidikan Sejarah, akan tetap linier mengajar sebagai guru Bahasa Indonesia di SMP/MTs.

Linieritas antara sertifikat dengan ijazah, bagi yang sudah memiliki sertifikat pendidik, tentu berbeda dengan linieritas kualifikasi pendidikan bagi yang baru akan mendaftar sertifikasi guru. Untuk hal terakhir ini telah diatur tersendiri melalui Surat Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor: 272/Dt.I.II/2/KP.02.3/4/2019 tentang Persiapan Pelaksanaan PPG dalam Jabatan 2019. Baca artikel : Daftar Linieritas Ijazah S1/DIV dengan Prodi PPG

3. Dapat Pindah Mengajar Sesuai Kualifikasi Akademik


Permendikbud Nomor 16 tahun 2019 mengakomodir guru yang hendak pindah mata pelajaran atau bahkan jenjang, selama sesuai dengan kulaifikasi pendidikan (ijazah yang dimiliki). Yang dapat melakukan hal ini, diantaranya adalah:
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas TK/RA, dapat mengajar sebagai guru kelas di RA/TK apabila memiliki ijazah S1/D-IV PGTK, PGPAUD, atau psikologi (Lampiran I)
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas SD/MI, dapat pindah mengajar sebagai guru kelas SD/MI dengan ketentuan:
    • Guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru bersertifikat pendidik guru kelas TK (020) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK atau sederajat yang telah memiliki sertifikat pendidik tertentu, apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik dapat pindah dan/atau mengajar di SMP sebagai guru mata pelajaran apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada jenjang SMP.
  • Guru yang memiliki sertifikat pendidik dapat pindah dan/atau mengajar di SMA sebagai guru mata pelajaran apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu pada jenjang SMA.

Sehingga dengan Permendikbud ini memungkinkan seorang guru untuk berpindah mata pelajaran atau bahkan jenjang sekolah yang diajar, meskipun tidak sesuai dengan sertifikat pendidik yang dimiliki. Dengan syarat, memiliki kualifikasi pendidikan (ijazah) S1/DIV yang sesuai dengan mata pelajaran yang dituju.

4. Konversi Kode Sertifikat Pendidik


Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik mengharuskan guru-guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK dengan kode-kode tertentu untuk melakukan konversi kode sertifikat pendidik.

Kode sertifikat pendidik yang harus melakukan konversi antara lain:
  • Kode 061 (Lainnya SD)
  • Kode 125 (Lainnya SMP)
  • Kode 230 (Lainnya SMA, SMK)
  • Kode 527 (TIK Khusus Lainnya SMP, SMA, SMK)
  • Kode 177 (Bahasa Asing lainnya SMA, SMK)
Konversi kode sertifikat pendidik ini nantinya diajukan ke LPTK melalui aplikasi Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) untuk dinilai, disetujui, dan diterbitkan surat persetujuan konversi kode sertifikat.

Ketentuan-ketentuan dan mekanisme pelaksanaan konversi kode sertifikasi untuk 061, 125, 230, 527, dan 177 ini akan dibahas secara mendetail dalam artikel tersendiri. Atau silakan baca langsung dari lampiran-lampiran dalam Permendikbud tersebut. Baca :

Termasuk mata pelajaran/bidang yang didapat setelah konversi kode-kode sertifikat pendidik tersebut.

5. Unduh Permendikbud No. 16 Tahun 2019


Untuk mempelajari dan memahami penataan linieritas guru bersertifikat pendidik yang terbaru dan berlaku surut sejak 2 Januari 2019 ini, silakan unduh dan baca Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016.

Permendikbud lengkap dengan kelima lampirannya mencapai 701 halaman. Wajar, karena di dalamnya memuat berbagai kode sertifikat pendidik mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK.

Silaka unduh pada tautan di bawah ini:

  • Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 (UNDUH FILE - 1,8 MB)


Akhirnya, setelah membedah Permendikbud No. 16 Tahun 2019 Tentang Linieritas Sertifikat Pendidik terbaru ini, kekhawatiran para guru madrasah atas nasib sertifikat pendidik yang dimilikinya tidak beralasan. Bahkan sebaliknya, Permendikbud No. 16 Tahun 2019 memberikan solusi bagi guru-guru yang selama ini bermasalah dengan linieritas sertifikat pendidiknya.
Sumber https://ayomadrasah.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Pengertian dan Tujuan Perencanaan Tata Ruang Wilayah

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Penataan ruang mengandung makna proses menata ruang. UU No 26 Tahun 2006 memberikan pemahaman tentang tata ruang sebagai wujud struktur ruang dan pola ruang. Struktur ruang adalah susunan pusat-pusat permukiman dan sistem jaringan prasarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat yang secara hirarkis memiliki hubungan fungsional, sedangkan pola ruang merupakan distribusi peruntukan ruang dalam suatu wilayah yang  meliputi peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan peruntukan ruang untuk fungsi budidaya.

Permukaan bumi ini tersusun atas ruang-ruang yang dibatasi oleh suatu indikator tertentu. Dalam mengelola wilayah permukaan bumi diperlukan manajemen tata ruang yang handal agar tidak terjadi kerusakan dan bencana. Tata ruang adalah wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang, baik yang direncanakan maupun tidak. 
Tata ruang kota yang buruk memicu masalah sosial dan lingkungan
Tata ruang yang dituju dengan penataan ruang ini adalah tata ruang yang direncanakan. Tata ruang yang tidak direncanakan berupa tata ruang yang terbentuk secara alamiah seperti wilayah aliran sungai, danau, suaka alam, gua, gunung, dan sebagainya.
a. Wujud struktural pemanfaatan ruang adalah susunan unsur-unsur pembentuk rona lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan buatan yang secara hirerkis dan struktural berhubungan satu dengan lainnya membentuk tata ruang.
b.  Pola pemanfaatan ruang adalah bentuk pemanfaatan ruang yang menggambarkan ukuran, fungsi, serta karakter kegiatan manusia dan kegiatan alam.

Tujuan penataan ruang, sebagaimana yang tercantum dalam No. 26 tahun 2007 untuk mewujudkan ruang wilayah nasional yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan berlandaskan Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional dengan:
a.  Terwujudnya keharmonisan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan
b. Terwujudnya keterpaduan dalam penggunaan sumberdaya alam dan sumberdaya buatan dengan memperhatikan sumberdaya manusia
c. Terwujudnya pelindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan akibat pemanfaatan ruang.

Sasaran dalam proses perancanaan tata ruang yang telah tersusun dengan berbagai aspek pertimbangan normatif maupun teknis adalah dalam rangka mewujudkan konsep pengembangan wilayah yang didalamnya memuat tujuan dan sasaran yang bersifat kewilayahan Indonesia, oleh karena itu ditempuh melalui upaya penataan ruang yang terdiri dari 3 proses utama, yakni:
a.    Proses perencanaan tata ruang wilayah
b.    Proses pemanfaatan ruang
c.    Proses pengendalian pemanfaatan ruang

Latihan soal pemahaman tata ruang wilayah
Jawablah pertanyaaan berikut ini
1. Jelaskan lingkup tahapan penataan ruang wilayah!
2. Jelaskan lingkup pemanfaatan tata ruang wilayah!
3. Jelaskan prinsip pemanfaatan ruang!
4.  Jelaskan pengendalian pelaksanaan rencana tata ruang!
5. Jelaskan klasifikasi penataan ruang!

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Update Lowongan Guru SMAN 10 Depok Juli 2019

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Teman-teman lulusan kependidikan, kali ini saya dapat info terbaru dari teman terkait loker guru. Jangan lupa untuk baca dengan cermat beritanya dan cek selalu keaslian lowongan ke no kontak yang tertera di akhir postingan. SMAN 10 Depok membuka lowongan Tenaga Pendidik Honorer untuk posisi sebagai berikut:
1. Bahasa Inggris
2. Bahasa Indonesia
3. Sejarah
4. PPKN
Loker Guru SMAN 10 Depok
Persyaratan:
# Lamaran Kerja
# CV (Curriculum Vitae)
# Foto Copy Ijazah S1
# Foto Copy Akta 4
# Foto Copy Daftar Nilai
# Foto Copy KTP
# Foto Copy KK
# Foto Copy Sertifikat/ Piagam Pendukung
# Pas Foto Ukuran 4 X 6 (1 Lembar)
# Maksimal 35 Tahun

Surat lamaran diterima paling lambat hari Kamis/25 Juli 2019.

Lamaran dikirim ke :
kurikulumsantoen@gmail.com
atau bisa kirim langsung ke SMA Negeri 10 Depok dengan alamat: Jl. Raya Curug Rt 01/06, Kec. Bojongsari, Depok (16517).

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Cara Installasi Aplikasi BPOPP 2019/2020 RKAS-BPOPP Disdik Jatim

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Panduan dan petunjuk penggunaan aplikasi BPOPP (RKAS-BPOPP) ini di salin dari modul aslinya sebagai panduan Installasi Aplikasi BPOPP secara online. Sebelum melakukan isntalasi Aplikasi BPOPP Versi Desktop untuk windows perhatikan minimal spesifikasi komputer : Windows 7 atau windows 10, Net Framework 3.5, RAM 2GB Hard disk 20GB.
Panduan dan petunjuk penggunaan aplikasi  Cara Installasi Aplikasi BPOPP 2019/2020 RKAS-BPOPP Disdik Jatim

Proses Installasi BPOPP

Sebelum melakukan proses installasi aplikasi BPOPP versi 1.0.1 Anda haru melakukan download installer aplikasi di website https://bpopp.disdikjatim.com. Silakan lakukan download installer pada menu DOWNLOAD

Setelah melakukan download, simpan dan file tersebut pada computer Anda, file tersebut bernama rkasbpopp.exe.  Install aplikasi dengan klik 2 kali atau klik kanan trus Run as administrator. Akan tampil proses installasi.

Pilih lokasi installasi program di simpan, disarankan untuk menyimpan file installasi di Program Files, (C:\Program Files\bpopp) klik next untuk melanjutkan proses installasi.

Langkah selanjutnya memilih default lokasi icon aplikasi (centang checkbox), pilih Next untuk melanjutkan. Klik Install untuk melakukan proses installasi, proses installasi akan berjalan tunggu beberapa saat sampai selesai. Proses installasi sudah selesai klik finish untuk mengakhiri, otomatis aplikasi akan dijalankan.

Menjalankan Aplikasi BPOPP

Setelah proses installasi selesai, jalankan aplikasi BPOPP dengan klik icon pada desktop, akan muncul splash screen.

Pada tahap ini, aplikasi akan memeriksa kelengkapan komponen aplikasi dan memeriksa apakah sudah ada user aktif yang sudah terdaftar pada aplikasi. Apablia belum pernah melakukan aktivasi, selanjutnya akan muncul form aktivasi program, apabila sudah melakukan aktivasi akan muncul form login masuk aplikasi.

Registrasi Aplikasi BPOPP

Apabila Anda menjalankan aplikasi pertama kali, maka akan muncul form registrasi yang meminta Anda untuk mengaktifkan user dengan melengkapi form registrasi. Selanjutnya silakan lengkapi data untuk mengaktifkan user Anda.
  • Kode Aktivasi, merupakan kode unik yang diperoleh oleh cabang dinas untuk melakukan proses aktivasi user di aplikasi. kode ini diperoleh dari Admin Dinas Pendidikan melalui email yang dikirimkan oleh Admin Dinas Pendidikan.
  • Nama Lengkap, isikan nama lengkap operator sekolah.
  • Nomor Handphone, mengisikan nomor HP aktif 
  • Alamat Email, isikan alamat email yang valid dan aktif sebagai username login Anda, nantinya alamat email ini juga digunakan untuk melakukan proses reset password apabila Anda lupa password login Anda.
  • Buat Password, membuat password sendiri untuk untuk login user.
  • Ulangi Password, mengulangi password yang Anda masukkan untuk memastikan password yang Anda gunakan sudah sesuai.
Pada proses aktivasi aplikasi ini memerlukan koneksi internet untuk memvalidasi kode aktivasi ke server online, pastikan komputer Anda terkoneksi internet untuk melakukan aktivasi. Tanda Anda terkoneksi server akan muncul pada form aktivasi. Apabila aktivasi sukses form akan tertutup otomatis dan akan muncul form login.

Login Aplikasi BPOPP

Apabila user Anda sudah teraktivasi akan muncul form login. Selanjutnya lengkapi form login tersebut untuk dapat login dan menggunakan aplikasi.
  • Username/Alamat Email Isikan alamat email yang didaftarkan pada waktu proses aktivasi.
  • Password  Isikan password login Anda sesuai dengan password yang dibuat pada proses aktivasi.
Setelah melengkapi username dan password silakan klik tombol login User, apabila sukses Anda akan diarahkan pada halaman aplikasi BPOPP modul Sekolah.

Reset Password BPOPP

Apabila Anda lupa password login, Anda dapat melakukan reset password Anda dengan mengklik Lupa Password pada halaman login. Pada proses reset password dibutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan kode reset password ke email anda, pastikan komputer anda terhubung internet.

Langkah pertama untuk melakukan reset password adalah mengirimkan kode validasi reset ke email Anda. Isikan alamat email yang sudah didaftarkan dan masukkan kode aktivasi program yang diperoleh dari cabang dinas.

Setelah mengisikan email dan kode aktivasi klik tombil Kirim Kode Validasi Ke Email.  Apabila data sesuai, Anda akan menerima email otomatis berupa kode Validasi yang harus Anda masukkan untuk reset password Anda

Langkah selanjutnya adalah melakukan reset password.
  • Kode Validasi, diisikan kode validasi yang Anda terima sebelumnya di email.
  • Masukkan Password Baru, silakan isikan password baru Anda.
  • Konfirmasi Password Baru, isikan lagi password diatas untuk memastikan password yang dipakai sesuai.
  • Klik tombol Reset Password untuk melakukan reset, apabila sukses akan ada pemberitahuan sukses, silakan lakukan login dengan memasukkan alamat email dan password baru Anda.
Lebih lenngkap mengenai pengaturan lainnya serta memulai untuk pengisian data-data silahkan download manual Panduan dan Petunjuk Pengunaan Aplikasi BPOPP 2019/2020.
Semoga berhasil.

Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Permendikbud No.16 Tahun 2019 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik

Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapibani.com 

Terkait dengan diterbitkannya sebuah Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Pada tanggal 19 Juli 2019 mengenai pengelolaan Simpatika periode Semester 1 (Ganjil) di Tahun Pelajaran 2019/2020 (Unduh DISINI). Disana terdapat ada salah satu pointnya yang menjadi sorotan dan perhatian khusus yakni mengenai hal yang menyebutkan akan diimplementasikannya Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Linieritas Guru Bersertifikat

Permendikbud ini sebenarnya sudah mulai berlaku pada tanggal diundangkan (23 Mei 2019). 
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 ini merupakan Permendikbud tentang Perubahan Atas peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik. Seperti yang telah disebutkan didalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 bahwa Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 dipandang belum memadai serta belum bisa menampung kebutuhan masyarakat sehingga menjadi alasan pertimbangan didalam mengubah Permendikbud tersebut. 
Berikut ini adalah review kami mengenai Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019:

A. Pasal 1 Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 menjelaskan bahwa Permendikbud ini Mengubah Lampiran dalam Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik sehingga berbunyi sebagaimana tercantum dalam Lampiran I, Lampiran II, Lampiran III, Lampiran IV, dan Lampiran V yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Peraturan Menteri ini. Adapun Penjabaran Lampiran dari Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:
  • Lampiran 1 menjelaskan tentang kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidik Taman Kanak-Kanak dimana Guru Kelas dengan Kode sertifikat0 24 linear dengan guru kelas TK dengan kode sertifikat 020. Selanjutnya, apabila guru kelas RA degan kode sertifikat 021 mutasi ke sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, maka kode sertifikatnya linear dengan kode sertifikat 020. Kemudian yang perlu menjadi catatan bahwa Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas TK, dapat pindah dan mengajar di TK sebagai guru kelas TK apabila memiliki kualifikasi Akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGTK, PGPAID, atau psikologi.

  • Lampiran II menjelaskan tentang Kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Dalam lampiran ini menjelaskan tentang linearitas guru kelas MI dimana guru kelas MI dengan kode sertifikat 028 mutasi ke sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, maka kode sertifikatnya linear dengan kode sertifikat 027. Selanjutnya didalam lampiran II Permendikbud Nomor 16 tahun 2019 ini juga menjelaskan bahwa kode sertifikat 047(Pendidikan Matematika), 050 (Pendidikan Kewargannegaraan), 054 (Bahasa Indonesia), 057 (IPA-Fisika), 060( IPS) linear dengan kode sertifikat 027. Kemudian Guru yang memiliki kode sertifikat 084,087, 094, 097, 100,114, 117,120, 124, 154, 156, 180, 184, 187, 190, 204, 207, 210, 214, 215, 310, 318, 319, 320, 321, dan 504 dapat pindah dan mengajar sebagai guru kelas di SD. Selanjutnya, Guru dengna kode sertifikat 107 (Pendidikan Jasmani) linear dengan kode sertifikat 220. Guru dengan kode sertifikat 062 (Bahasa Daearah) harus dikonversi ke kode sertifikat 746, 747, 748, atau 750 (sesuai dengan bahasa daerah yang diajarkan) dan apabila bahasa daerah yang diajarkan selain bahasa daerah dengan kode sertifikat 746, 747, 748, atau 750, maka harus dikonversi ke kode sertifikat 749. Guru dengan kode 063 harus dikonversi ke bidang studi seni budaya, olahraga, atau salah satu bidang studi  produktif di SMK yang tercantum pada sertifikat pendidiknya. Selanjutnya yang perlu menjadi catatan dalam lampiran ini adalah guru yang bersertifikat pendidik selain bersertifikat pendidik guru kelas SD, dapat pindah dan mengajar di SD sebagai guru kelas dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru bersertifikat pendidik guru kelas TK (020) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.
    • Guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK atau sederajat yang telah memiliki sertifikat pendidik tertentu, apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.
     

    • Lampiran III menjelaskan tentang Kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Lampiran ini menjelaskan bahwa kode sertifikat 084 dan 310 linear dengn kode sertifikat 154. Kode sertifikat 087 linear dengan kode sertifikat 156. Kode sertifikat 094 dan 318 linear dengan kode sertifikat 180. Kode sertifikat 319 linear dengan kode sertifikat 184. Kode sertifikat 320 dan 504 linear denga kode sertifikat 187. Kode sertifikat 124 dan 321 linear dengan kode sertifikat 190. Kode sertifikat 120 dan 210 linear dengan kode sertifikat 100. Kode sertifikat 114 linear dengan kode sertifikat 207. Kode sertifikat 117 linear dengan kode sertifikat 204. Kode sertifikat 090 dan 311 linear dengan kode sertifikat 157. Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 097 dapat mengajar mata pelajaran Prakarya,  jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan oleh guru IPA.  Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 184 dapat mengajar
      mata pelajaran Prakarya, jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan oleh guru Fisika. Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 187 dapat mengajar
      mata pelajaran Prakarya,  jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan oleh guru Kimia. Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 190 dapat mengajar
      mata pelajaran Prakarya, jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan. Adapun keterangan yang lain, dapat anda baca lebih detail pada lampiran III Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 ini.




      • Lampiran IV menjelaskan tentang Kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Atas




      • Lampiran V menjelaskan tentang Kesesuaian Mata Pelajaran  kelompok A (Nasional) dan Mata Pelajaran Kelompok B (Perwilayah) yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan




        B. Pasal 2 Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 menjelaskan bahwa Permendikbud ini berlaku sejak tanggal diundangkan dan memiliki daya laku surut sejak tanggal 2 Januari 2019.
        Demikianlah informasi mengenai Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019. Dibawah ini kami sertakan link unduhan, semoga bermanfaat buat semua. 

        Sumber https://www.hanapibani.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan

        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


        Dalam Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2019 ini dinyatakan bahwa:
        Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar mahasiswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
        Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan k dayaan bangsa Indonesia.
        Pendidikan Tinggi Keagamaan adalah Pendidikan Tinggi yang diselenggarakan untuk mengkaji dan mengembangkan rumpun ilmu agama serta berbagai rumpun ilmu pengetahuan.
        Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang selanjutnya disingkat PTKN adalah PTK yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh Pemerintah.

        Dalam Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2019 ini juga ada terdapat istilah : 
        Ma'had Aly, Pasraman dan Seminari yang artinya
        Ma'had Aly adalah PTK yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning (turats) dan dirasah islamiyah.
        Pasraman adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan PTK Hindu dengan pola pengasramaan dan pengasuhan berbasis keagamaan.
        Seminari adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan PTK Katolik dengan pola pengasramaan dan pengasuhan berbasis gereja Katolik.

        Pada Pasal 9 Dalam Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2019 disebutkan juga  Jenis Pendidikan Tinggi Keagamaan meliputi pendidikan akademik, vokasi, dan profesi.
        Pendidikan akademik merupakan Pendidikan Tinggi Keagamaan program sarjana dan/atau program pascasarjana yang diarahkan pada penguasaan dan pengembangan rumpun ilmu agama, serta berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi.
        Pendidikan vokasi merupakan Pendidikan Tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu.
        Pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus,dapat diselenggarakan oleh PTK bekerja sama dengan kementerian/lembaga dan/atau organisasi profesi yang bertanggung jawab atas mutu layanan,dan dapat diselenggarakan dalam bentuk pendidikan profesi bidang keagamaan
        Selengkapnya Peraturan Pemerintah No 46 Tahun 2019 download disini


        Sumber http://supiadi74.blogspot.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Soal Penilaian Harian K13 Kelas 3 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

        Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 2 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan Kali ini, Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah diisi dalam bentuk serangkaian soal yang ada pada lembaga sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah  pada Kurikulum K13 khususnya yan Direvisi 2018. Bank soal  yang ingin kami bagikan seyogyanya dan berusaha kami sesuaikan dengan materi kurikulum 2013 yang digunakan hari ini sehingga Anda hanya perlu unduh serta mengedit dan bisa langsung digunakan. Program evaluasi yang dishare adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sediakan secara teratur dalam bentuk per tema dan beberapa dalam bentuk tema juga disertai dengan kisi-kisinya. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami yang berkisar dari serangkaian pertanyaan tes harian, ujian tengah semester, ujian liburan, kelulusan kelas berulang, pertanyaan ujian, dan banyak lagi.Semuanya itu Admin ambil dari beberapa sumber terpercaya dengan harapan bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam mempersiapkan evaluasi pembelajaran

         Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah di Soal Penilaian Harian K13 Kelas 3 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

        Download Bank Soal PH K13 Kelas 3 dan kisi-kisi

        Beberapa manfaat dari kegiatan penilaian Harian yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran Sub Tema untuk Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut:
        Untuk siswa:
        • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang ujian harus tahu kapan kegiatan ujian akan dilakukan. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah, atau bahkan bimbingan belajar. Karena ujian itu tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
        • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan, jika siswa ingin mendapatkan nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, agen terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari saat keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka memiliki kualitas tinggi dan mereka tidak perlu mengikuti perawatan. Melalui ini kita akan sangat memahami pentingnya belajar.
        • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan penyebab cheat grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
        • Latihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa menguji diri mereka sendiri untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
        • Memperkirakan hasil bisnis, terlepas dari hasil ujian, siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
        • Semangat kampanye melalui siswa mereka harus memiliki semangat pertempuran yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.
        baca dulu
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 1
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 2
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 3
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 4
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 5
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 6
        Dengan mengetahui bagaimana melakukan ini, melalui replikasi, siswa dapat mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam mencapai nilai tertinggi sehingga mereka dapat menjadi pemenang di kelas. Mereka juga berlaku di bidang lain kehidupan mereka, dan untuk mencapai kinerja apa pun, perencanaan yang cermat dan operasi yang baik diperlukan.

        Untuk guru:

        • Siswa yang memiliki hak untuk melanjutkan studi mereka dan setiap siswa yang belum menguasai materi dapat diidentifikasi.
        • Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan itu ideal untuk siswa atau tidak, dan jika artikelnya sempurna, tidak akan ada perubahan ketika itu ada.
        • Guru akan tahu apakah metode yang digunakan ideal atau tidak. Jika hasil yang diperoleh oleh sebagian besar siswa bernilai tinggi, metode ini akan ideal. Jika tidak, jika sebagian besar hasil yang diperoleh siswa buruk, metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan, jika perlu, diganti.
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018  untuk kelas 3 diantaranya sebagai berikut

        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_1_PH beserta KISI-KISI
        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_2_PH beserta KISI-KISI
        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_3_PH beserta KISI-KISI
        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_4_PH beserta KISI-KISI

        Atau pilih yang ini

        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 1
        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 2
        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 3
        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 4
        Tema 1
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 1  (Download)
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 (Download)
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 3  (Download)
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 (Download)
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 1 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 2 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 3  [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 4 [Download]
        Tema 2
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 1 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 1 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 2 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 2 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 3 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 3 k13 revisi 2018 Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 1 [Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 2 [Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 3 [Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 4 [Download]
        Tema 3
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 1 [Download]
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 2 [Download]
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 3 [Download]
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 4 Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 1 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 2 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 3 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 4 [Download]
         
        Tema 4

        Sumber https://www.kangmartho.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

        Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 2 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan Kali ini, Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah diisi dalam bentuk serangkaian soal yang ada pada lembaga sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah  pada Kurikulum K13 khususnya yan Direvisi 2018. Bank soal  yang ingin kami bagikan seyogyanya dan berusaha kami sesuaikan dengan materi kurikulum 2013 yang digunakan hari ini sehingga Anda hanya perlu unduh serta mengedit dan bisa langsung digunakan. Program evaluasi yang dishare adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sediakan secara teratur dalam bentuk per tema dan beberapa dalam bentuk tema juga disertai dengan kisi-kisinya. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami yang berkisar dari serangkaian pertanyaan tes harian, ujian tengah semester, ujian liburan, kelulusan kelas berulang, pertanyaan ujian, dan banyak lagi.Semuanya itu Admin ambil dari http://fileedukasi .blogspot.com, dengan harapan bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam mempersiapkan evaluasi pembelajaran
         Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah di Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

        Download Bank Soal PH K13 Kelas 2 dan kisi-kisi

        Baca juga
        Soal K13 dan kisi-kisi kelas 2 lengkap terbaru 2 Semester
        Beberapa manfaat dari kegiatan penilaian Harian yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran Sub Tema untuk Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut:
        Untuk siswa:
        • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang ujian harus tahu kapan kegiatan ujian akan dilakukan. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah, atau bahkan bimbingan belajar. Karena ujian itu tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
        • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan, jika siswa ingin mendapatkan nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, agen terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari saat keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka memiliki kualitas tinggi dan mereka tidak perlu mengikuti perawatan. Melalui ini kita akan sangat memahami pentingnya belajar.
        • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan penyebab cheat grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
        • Latihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa menguji diri mereka sendiri untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
        • Memperkirakan hasil bisnis, terlepas dari hasil ujian, siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
        • Semangat kampanye melalui siswa mereka harus memiliki semangat pertempuran yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.
        baca dulu
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 1
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 2
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 3
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 4
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 5
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 6
        Dengan mengetahui bagaimana melakukan ini, melalui replikasi, siswa dapat mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam mencapai nilai tertinggi sehingga mereka dapat menjadi pemenang di kelas. Mereka juga berlaku di bidang lain kehidupan mereka, dan untuk mencapai kinerja apa pun, perencanaan yang cermat dan operasi yang baik diperlukan.

         (PH K13)
        Untuk guru:

        • Siswa yang memiliki hak untuk melanjutkan studi mereka dan setiap siswa yang belum menguasai materi dapat diidentifikasi.
        • Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan itu ideal untuk siswa atau tidak, dan jika artikelnya sempurna, tidak akan ada perubahan ketika itu ada.
        • Guru akan tahu apakah metode yang digunakan ideal atau tidak. Jika hasil yang diperoleh oleh sebagian besar siswa bernilai tinggi, metode ini akan ideal. Jika tidak, jika sebagian besar hasil yang diperoleh siswa buruk, metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan, jika perlu, diganti.

        SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS II TEMA 1 SD. 4
        SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS 2 TEMA 1 
        SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 2 TEMA 2 
        SOAL PENILAIAN HARIAN  (PH K13) KELAS 2 TEMA 3
        SOAL PENILAIAN HARIAN  (PH K13) KELAS 2 TEMA 4 
        SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS 2 TEMA 5 
        SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 2 TEMA 6 

        Sumber https://www.kangmartho.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Rumah Makan Padang Berumur 42 Tahun dan Siapakah Yang Gak Mengenal Masakan Padang

        RM Padang Berumur 42 Tahun Bukan rumah makan Padang asal-asalan RM Padang Berumur 42 Tahun Bukan rumah makan Padang asal-asalan, RM S...